Verifikasi SHA1 dan MD5 Checksum di Windows

Hallo sobat TI.NET apa kabar.??? Sudah lama ya penulis tidak nge-blog dan bikin tulisan-tulisan tentang informatika. Gimana pada kangen ga sama penulis 😀 hehe. Iyaa, dikarenakan kesibukan penulis dalam mencari ilmu rasanya baru kali ini bisa meluangkan waktu untuk nge-blog lagi nih (so sibuk. ..). Ok langsung aja, kali ini penulis akan bahas mengenai Verifikasi SHA1 dan MD5 Checksum di Windows, sebelumnya penulis pernah membuat artikel yang berjudul Verifikasi SHA1 dan MD5 Checksum di Linux. Nah untuk mengetahui lebih jelasnya apa itu SHA1 dan MD5 kamu bisa langsung aja liat penjabarannya pada artikel penulis yang berjudul Pentingnya Melakukan Verifikasi SHA1 dan MD5 Checksum di Linux.

Sebetulnya alasan mengapa penulis bikin artikel berjudul Verifikasi SHA1 dan MD5 Checksum di Windows ini adalah untuk menjawab pertanyaan dari salah satu sobat Ti.NET nih ^_^. Namanya “ujang” tanpa tanda petik yaa hee. Komentar yang berisi pertanyaannya bisa kamu lihat pada link berikut ini: http://www.teknikinformatika.net/2015/03/02/pentingnya-melakukan-verifikasi-sha1-dan-md5-checksum-di-linux/#comment-2236.

Baik kita langsung aja yang ke pembahasan utama cara Verifikasi SHA1 dan MD5 Checksum di Windows ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Kamu perlu mengunduh aplikasi dari Windows yang namanya Microsoft File Checksum Integrity Verifier. Kamu bisa mengunduhnya dengan meng-klik tautan berikut ini: https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=11533.
2. Setelah kamu berhasil mengunduhnya, sekarang coba jalankan file tersebut dan jika ada Security Warning seperti gambar dibawah ini, pilih Run.


3. Kemudian kamu akan disuguhkan license agreement sebelum memasang aplikasi Microsoft File Checksum Integrity Verifier ini. Klik Yes untuk menyetujuinya dan maju ke tahap installasi berikutnya.


4. Selanjutnya kamu pilih direktori dimana file Microsoft File Checksum Integrity Verifier ini akan diekstrak, gambar dibawah ini merupakan contoh lokasi yang penulis pilih. Untuk memilihnya sendiri silakan klik Browse dan jika selesai klik OK.


5. Setelah selesai melakukan ekstraksi akan muncul tampilan seperti dibawah ini, klik OK.


6. Sekarang buka Command Prompt, dengan menekan tombol Windows pada keyboard kemudian ketik cmd atau Command Prompt.
7. Dari Command Prompt masuk ke direktori dimana kamu mengekstrak Microsoft File Checksum Integrity Verifier tadi. Misalkan disini penulis mengekstraknya di direktori C:\Users\toke\Desktop\checksum maka kamu masuk dengan mengetikan perintah CD C:\Users\toke\Desktop\checksum. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar terakhir pada artikel ini, penulis pertanda garis berwarna hijau.


8. Setelah itu masukan perintah fciv.exe [lokasi + nama file yang akan diverifikasi] – both. Contoh: fciv.exe C:\Users\toke\Downloads\ipfire-2.19.x86_rs\toke\downloads\ipfire-2.19.x86_64-full-core110.iso -both.
9. Setelah itu kamu akan melihat kode SHA1 dan MD5 nya, nah kode inilah yang kamu cocokan dengan kode SHA1 dan MD5 yang diberikan oleh situs yang mengeluarkan software tersebut.
10. Langkah 8 dan 9 bisa kamu lihat contohnya pada gambar dibawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *