Sudo Debian

Sudo atau SUper-user DO adalah sebuah program yang diciptakan untuk memberikan hak akses lebih (hampir sama dengan superuser) pada beberapa user agar mampu mengeksekusi program sebagai root. Alasan kenapa kita perlu akan sudo ini adalah karena sudo lebih baik serta lebih aman daripada kita masuk ke sistem sebagai root langsung.
Beberapa alasan lainnya adalah: 1. Semua orang tidak perlu password root karena sudo akan meminta hanya password user saja. Hak istimewa lebih dapat dibuat secara sementara atau temporari tanpa perlunya perubahan password. 2. Sangat memudahkan user untuk menggunakan hak istimewa melaui sudo dan karena sebagai user biasa maka dapat mengurangi kerusakan yang diakibatkan karena kesalahan. 3. Auditing/logging, ketika sebuah sudo dieksekusi, maka pengguna dan perintah yang bersangkutan saja yang berkaitan dengan sudo tersebut.
Berikut cara menambahkan user pada sudo:

# adduser <nama user> sudo

Setelah user ditambahkan pada grup sudo maka kamu perlu keluar atau logout dari sistem terlebih dahulu untuk mendapatkan perubahan dari sistem terhadap user yang bersangkutan tersebut setelah itu kamu masuk kembali dengan user yang sudah ditambahkan tersebut. Sekarang user yang bersangkutan tersebut telah siap mengeksekusi program dengan sudo.
Berikut tampilan pertama kali jika kamu mulai mengeksekusi program dengan perintah sudo:

We trust you have received the usual lecture from the local System
Administrator. It usually boils down to these three things:
    #1) Respect the privacy of others.
    #2) Think before you type.
    #3) With great power comes great responsibility.
[sudo] password for sandimulyadi:

Konfigurasi untuk sudo juga dapat diatur pada file /etc/sudoers atau direktori /etc/sudoers.d/

This entry was posted in Debian and tagged by Sandi Mulyadi. Bookmark the permalink.

About Sandi Mulyadi

Saya adalah seorang biasa yang kebetulan memiliki hobi yang ada hubungannya dengan komputer. Setiap hal yang saya rasa bisa bermanfaat bagi orang lain maka saya akan membagikannya di situs Teknik Informatika ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *