Cara Mengatasi Komputer Tiba-tiba Mati

Hallo sobat TI.NET apa kabar.??? Sesuai judul pada kesempatan kali ini penulis akan coba bahas mengenai bagaimana cara mengatasi komputer yang tiba-tiba mati ketika sedang digunakan. Ini pengalaman yang pernah penulis alami, kronologisnya adalah sebagai berikut. Mula-mula ada sodara yang mengeluh akan komputernya yang tiba-tiba suka mati sendiri kemudia ia membawanya ke rumah penulis. Mendengar keluhan tersebut penulis langsung bongkar CPU tersebut, dan ternyata sesuai dugaan fan atau kipas processornya sangat teramat kotor tertutup rapat oleh debu. Tanpa panjang lebar penulis inisiatif untuk membersihkan setiap komponen yang ada dalam CPU tersebut tanpa terlewatkan.

Setelah membersihkan komponen dalam CPU penulis langsung mencoba untuk menyalakannya, awalnya komputer bisa masuk windows beberapa saat hingga kemudian selang 5 menit waktu berlalu tiba-tiba mati tanpa peringatan, namun kini hanya sampai melewati proses POST (tanpa masuk ke welcome screen) sudah langsung mati, untuk keterangan mengenai POST silakan baca artikel Mengenal POST. *Hint: sebelum dibersihkan komputer mati setelah beberapa menit dan sudah bisa masuk windows, dan setelah dibersihkan komputer mati setelah melewati proses POST (tidak masuk windows). Yang penulis curigai adalah pasta pendingin atau thermal paste yang sudah mengering dibagian bawah fan processor.

Kemudian penulis coba beli pasta pendingin yang baru untuk diberikan pada bagian bawah fan processor tersebut, dan setelah itu ternyata lagi-lagi dugaan penulis benar, kini komputer tersebut dapat dioperasikan seperti biasanya tanpa tiba-tiba mati.

Jadi kesimpulan yang dapat diambil adalah jika komputer kamu tiba-tiba mati tanpa peringatan (berbeda dengan BSOD) yang harus kamu pastikan adalah installasi listrik, kemudian Power Supply uji coba menggunakan Power Supply yang berbeda yang berjalan dengan normal, kemudian kebersihan komponen termasuk sela-sela bagian dalam fan processor yang sulit dibersihkan (pastikan setiap komponen benar-benar bersih), kemudian yang selanjutnya pasta pendingin pastikan tidak kering dan masih dapat digunakan.

Sekian dari penulis untuk kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan salam TI.NET ^.^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *