C Programming Tutorial 2: Variabel dan Tipe Data

Dalam bahasa pemrograman variabel dapat dikatakan sebagai sebuah wadah penyimpanan yang hanya dapat menampung sebuah nilai baik itu berupa angka ataupun huruf. Dalam setiap bahasa pemrograman, variabel erat kaitanya dengan tipe data yang akan digunakan untuk variabel tersebut. Termasuk dalam bahasa pemrograman C, aturan penulisan variabel dan tipe data adalah tipe data diikuti dengan nama variabelnya. Sebagai contoh lihat kode dibawah ini:

#include <stdio.h>

int main (int argc, char *argv[]){
float phi, luas, keliling;
int r;
phi = 3.14;

printf("Masukan nilai r: ");
scanf("%d", &r);
keliling = 2 * phi * r;
luas = phi * r * r;

printf("Keliling %.2f dan Luasnya %.2f \n", keliling, luas);

return 0;
}

Penjelasan mengenai kode diatas, kita memiliki variabel bernama phi, luas, keliling, dan r masing-masing dengan tipe data yang berbeda. Variabel phi, luas, dan keliling dengan tipe data float (desimal) sedangkan r dengan tipe data integer (bulat). Masih banyak tipe data yang lainnya seperti char, boolean, double dan lain sebagainya. Kamu dapat melihat tipe data yang ada dalam bahasa pemrograman C lengkap dengan penjelasannya pada link berikut ini http://en.wikipedia.org/wiki/C_data_types#Basic_types.

Cukup sederhana bukan untuk variabel dan tipe data, semoga artikelnya dapat dipahami dan dicerna dengan mudah. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penyampaian, salam TI.NET ^.^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *