Cara Mengatasi “No Battery is Detected” pada Laptop/Notebook

Beberapa pertanyaan awal mengenai artikel kali ini, kamu pernah mengalami di laptop atau notebook dengan munculnya keterangan “No Battery is Detected”, laptop tiba-tiba mati jika tidak melakukan charging, terdapat tanda silang merah pada ikon baterai.??? Dan usaha yang telah dilakukan adalah mengganti charger.??? Jika kamu pernah mengalami hal tersebut maka tepat rasanya untuk membaca artikel ini sampai tuntas.

Dari diagnosa diatas kemungkinan yang terjadi adalah baterai laptop atau notebook kamu rusak. Mengapa dapat disimpuklan seperti itu.??? Karena dilihat dari keterangan “No Battery is Detected” saja sudah diketahui jika sistem tidak dapat mendeteksi keberadaan baterai, dan mengganti charger adalah tindakan yang tidak akan berguna karena yang rusak adalah baterai buka chargernya.

Lantas kenapa ketika laptop sedang dalam keadaan hidup menggunakan baterai sambil charging masih bisa.??? Yups, sebenarnya itu pertanyaan yang sama. Dan jawabannya adalah sekarang kamu coba dalam keadaan charging tanpa baterai hidupkan laptop kamu. Apa yang terjadi, ya laptop tersebut nyala karena langsung menggunakan daya charging dan itu tidak dipengaruhi oleh baterai yang rusak tadi.

Tidak ada langkah lain yang dapat diambil selain mengganti baterai laptop atau notebok kamu, namun ada cara untuk mengurangi kecerobohan pembelian baterai. Pastikan kamu membeli baterai original untuk laptop dan notebook yang digunakan, karena jika kamu membeli KW dibandingkan dengan daya tahan dengan original jelas beda jauh dan cepat rusak pula, harga ori memang lebih mahal namun hal tersebut sebanding lurus dengan daya tahan dan kepuasan. Pastikan kamu konsultasi ke tempat membeli baterai tersebut, jangan sampai asal beli asal sama merknya karena hal tersebut ada kemungkinan berbeda dayanya.

Jadi intinya jika pada laptop atau notebook muncuk keterangan “NO BATTERY IS DETECTED” itu artinya baterai laptop atau notebook kamu RUSAK. Tidak ada jalan lain selain menggantinya dengan yang baru, dan ingat KONSULTASI SEBELUM MEMBELI. Sekian untuk artikel kali ini semoga bermanfaat, salam TI.NET ^.^.

8 thoughts on “Cara Mengatasi “No Battery is Detected” pada Laptop/Notebook

  1. hallo admin!
    mau nanya kalo yg saya alamin kan battery not detected tapi pas saya cabut charger dengan kondisi baterai masih terpasang laptop tetep nyala, ini apanya yang rusak ya?

  2. saya mau bertanya saya sudah mengganti baterai laptop sony vaio saya tetapi maslah tetap sama baterai tidak terbaca. mohon bantuannya terima kasih

  3. Jangan diganti dulu baterainya. Pengalaman saya pakai toshiba satelite L645, baterai masih tahan 2 jam namun kasusnya sama no batery is detected”. Hal ini ternyata karena bios jadul (2010) minta di update ke versi baru (saya ganti bios versi 2.7 keluaran toshiba 2012). Setelah update bios, langsung terdeteksi.

  4. Bukan karena baterai rusak, coba pke cara ini : pertama matiin laptop trus copot baterai laptop kalian (diemin smpe 3/4 hari) abis itu pasang lagi dan akhirnya battery ku ke detect…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *