PHP Tutorial 13 – Variabel POST (PHP untuk Pemula)

POST Variable atau Variabel POST memiliki fungsi yang tidak jauh beda dengan Variabel GET, menerima inputan dari pengguna lalu memprosesnya dan memasukannya kedalam file .php lain yang bersangkutan untuk kemudian akan diproses lagi sesuai dengan kode yang telah dibuat. Pada kesempatan kali ini penulis akan coba bahas mengenai hal tersebut, tanpa panjang lebar kita misalkan akan membuat form login dan kita butuh dua buah file, satu file beri nama login.html untuk login formnya dan satu lagi area.php untuk memproses username dengan password yang pengguna inputkan.

Kode untuk file login.html adalah sebagai berikut:

<html>
<body>

<form action="area.php" method="POST">
<b>Username: </b><input type="text" name="username"><br>
<b>Password: </b><input type="password" name="password">
<input type="submit">
</form>

</body>
</html>

Dan kode untuk area.php adalah sebagai berikut:

<?php

$username = $_POST['username'];
$password = $_POST['password'];

if($username == 'sandimulyadi' and $password == 'password') {
echo 'Welcome to the secret website';
} else {
echo 'Wrong username or password';
}

?>

Ilustrasi untuk kedua file tersebut adalah sebagai berikut, pertama kita membuka file login.html dan kita akan diminta memasukan username sama password dan ketika kita menuliskan username dan password lalu mengklik tombol submit maka kita akan langsung diarahkan ke file area.php tadi. Di area.php kita mengisi variabel $username dengan apa yang kita tulis di login form bagian username tadi begitupun dengan variabel $password. Setelah itu masuk ke kode if, area.php menyamakan variabel dengan kondisi nilai yang ia miliki yakni sandimulyadi begitupun dengan variabel $password, jika kedua kondisi tersebut memenuhi atau bernilai benar, maka pesan yang akan ditampilkan adalah ‘Welcome to the secret website‘ sedangkan jika ada satu saja yang salam dalam menginputkan username atau password maka pesan yang akan ditampilkan adalah ‘Wrong username or password‘.

Sekian dari penulis untuk kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada salah-salah dalam penyampaian. Keep spirits for coding and Salam TI.NET ^_^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *