PHP Tutorial 12 – Variabel GET (PHP untuk Pemula)

GET Variable atau Variabel GET dalam PHP memungkinkan kita untuk dapat memasukan atau menginput sesuatu kedalam kode PHP tersebut, seperti misalkan nama, alamat, usia, dan sebagainya. Dengan demikian kode PHP yang kita bangun akan lebih hidup dalam artian adanya interaksi timbal balik antara pengguna atau user dengan komputer yang digunakan, kebetulan dalam kasus ini PHP sebagai bahasa pemrograman untuk sebuah web.

Sebenarnya Variabel GET ditulis dalam sebuah file .php yang berbeda dengan file dimana kita akan menginput dan menampilkan apa yang kita tulis dalam Variabel GET tersebut. Artinya kita harus memiliki dua buah file dalam tutorial kali ini, satu untuk penulisan kode GET dan satu lagi untuk form input dan displaynya.

Untuk penulisan Variabel GET, buat sebuah file bernama get.php contohnya, kemudian isikan kode dibawah ini:

<?php

$name = $_GET['name'];

echo 'Welcome to the website ' . $name . '.' ;

?>

Sedikit penjelasan mengenai variabel $_GET[‘name’], jadi nantinya kita akan mencari data dengan nama ‘name’, setelah kita dapatkan data tersebut yang merupakan hasil inputan dari user, maka kita proses untuk akan dibawa kemana hasil inputan tadi, contohnya adalah untuk ditampilkan. Maka kita perlu satu buah file lagi untuk menerima inputan dan untuk menampilkan pesan yang telah diinputkan tadi, maka buatlah file dengan nama input.php dengan diisi kode dibawah ini:

<html>
<body>

<form action="get.php" method="get">

<b>Masukan nama kamu: </b> <input type ="text" name="name">
<input type="submit">

</form>

</body>
</html>

Kode diatas merupakan kode penulisan bahasa HTML, penulis tidak akan bahas disini karena akan terlalu panjang. Mungkin intinya saja, <form action=”get.php” method=”get”> merupakan sebuah form (dalam HTML) untuk mencari file get.php yang telah kita buat tadi dengan memintanya untuk melakukan penginputan (penarikan hasil inputan dari pengguna). Kemudian <input type =”text” name=”name”> tipe penginputan yang kita lakukan adalah teksĀ kemudian name=”name” merupakan sinkronisasi dengan file get.php tadi untuk mendapatkan apa yang akan diinputkan dalamĀ $_GET[‘name’] (nama identitas variabel) dan yang terakhir <input type=”submit”> disini kita memerintahkan untuk melakukan penginputan.

Setelah beres dengan kedua file tersebut, sekarang kamu buka peramban webmu dan buka file input.php masukan sembarang nama sebagai contoh, dan kamu akan melihat URLnya berubah menjadi get.php?name=Sandi+Mulyadi (penulis masukan nama Sandi Mulyadi). Seperti itulah fungsi atau kegunaan dari Varibel GET. Semoga dapat dipahami penjelasan penulis diatas dan mohon maaf apabila ada kekeliruan dalam penyampaian, semoga bermanfaat tutorialnya. Salam TI.NET ^_^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *