PHP Tutorial 10 – Pengulangan bentuk While (PHP untuk Pemula)

While Loop atau Pengulangan bentuk While merupakan sebuah kode yang mampu menjalankan perintah yang diberikan programmer kepada komputer untuk terus dieksekusi sesuai dengan iterasi yang diberikan. Iterasi atau dalam bahasa umum perulangan dijadikan sebagai sebuah patok atau batas akhir sejauh mana sebuah kode akan dieksekusi. Didalam PHP bentuk pengulangan terbagi menjadi dua bagian cara penulisan, yang pertama dikenal sebagai general While Loop dan yang kedua do While Loop. Meskipun dibagi kedalam dua cara penulisan, namun akhir yang dihasilkan tetap sama.

Format penulisan general While Loop:

while (kondisi bernilai benar) {

// Kode yang akan dijalankan dalam pengulangan ;

}

Berikut contoh penulisan general While Loop:

<?php

$a = 1 ;

while ($a <= 5) {
echo 'Number ' . $a . '<br>' ;
$a++ ;
}

?>

Membahas kode diatas, variable $a memiliki nilai konstan 1 kemudian dimasukan dalam pengulangan While, selama variable $a kurang dari atau sama dengan 5 maka kode didalamnya akan terus dieksekusi. Kode $a++ menyatakan penambahan nilai untuk setiap kali perulangan selesai dilakukan sebanyak 1. Hingga pada akhirnya variable $a akan memiliki nilai 5 dan pengulangan berhenti sampai disitu.

Format penulisan do While:

do {

// Kode yang akan dijalankan dalam pengulangan ;

} while (kondisi bernilai benar) ;

Berikut contoh penulisan do While:

<?php
$b = 1 ;

do {
echo 'Number ' . $b . '<br>' ;
$b++ ;
} while ($b <= 5) ;

?>

Sebenarnya untuk penjelasan masih sama saja dengan general While Loop, hanya saja yang membedakan adalah peletakan kode while dan penambahan kode do saja. Inti dari kode yang dijalankan tetap sama, ada kondisi yang bernilai benar, wilayah peletakan kode yang akan dijalankan dalam pengulangan, dan kode yang dijalankan. Sekian dari penulis untuk artikel kali ini, mohon maaf apabila ada kesalahan dan semoga artikelnya bermanfaat. Salam TI.NET ^_^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *