PHP Tutorial 3 – Variable (PHP untuk Pemula)

Variable atau peubah merupakan suatu istilah untuk menyatakan sesuatu yang memiliki sebuah nilai yang tak tetap atau berubah-ubah. Umumnya variable pada setiap bahasa pemrograman digunakan untuk menyatakan sebuah nilai tak tetap atau dinamis. Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan sendiri dalam penulisan sebuah variable. Dalam PHP penulisan variable diawali dengan simbol ‘dollar‘ atau “$” tanpa tanda petik, kemudian diikuti huruf atau underscore. PHP tidak menghendaki penulisan variable setelah tanda “$” diikuti angka atau tanda lain selain underscore_“.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan coba bahas mengenai beberapa cara atau penerapan penulisan variable berikut dengan perintah pemanggilannya dalam PHP. Sekarang buat sebuah file bernama variables.php dengan ini script sebagai berikut ini:

<?php

$site_name = "Teknik Informatika" ;
echo "Hi, our site is $site_name" ;

echo "<br>" ;

$a = 10 ;
$b = 5 ;
$c = $a + $b ;
echo "$a + $b = $c" ;

?>

Sekarang coba kamu buka peramban web dan akses file tersebut, semisal pada localhost http://localhost/tutorials/variables.php penulis simpan file tersebut dalam direktori tutorials pada direktori khusus web server localhost.

Sekarang penjelasan mengenai script diatas, $site_name merupakan sebuah variable dengan nama site_name kemudian tanda samadengan “=” menyatakan isi dari variable tersebut, yakni kalimat “Teknik Informatika“, jangan lupa diakhir script bubuhi dengan tanda semicolon “;“. Kemudian perintah echo digunakan untuk memanggil kalimat “Hi, our site is Teknik Informatika“, walaupun variable site_name berada didalam perintah pemanggilan echo, hal tersebut tidak mengakibatkan kata $site_name yang muncul, hal tersebut dikarenakan $site_name dikenali oleh PHP sebagai sebuah variable yang memiliki nilai “Teknik Informatika” sehingga yang ditampilkan pada peramban web juga isi dari variable yang dipanggil tersebut.

Variable juga berlaku untuk operasi matematika seperti contoh dalam script diatas setelah perintah <br> yang berarti menambahkan baris baru. Semoga penjelasan penulis diatas dapat dimengerti dan dipahami secara mendalam. Kurangnya penulis mohon maaf, happy coding dan salam TI.NET ^_^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *