Install Yii di Linux

Yes It Is atau kita kenal sebagai Yii merupakan sebuah PHP-framework yang berguna untuk membangun sebuah website berbasis MVC (model, view, control). Banyak web programmer menggunakan Yii sebagai tools yang dapat mempermudah mereka dalam membangun sebuah website, disamping banyak pula PHP-framework lainnya. Kelebihan Yii dengan PHP-framework adalah dari kemudahan pemasangannya di localhost, ringan atau tidak memerlukan space besar, serta mudah dipahami. Dan berikut penulis akan bahas mengenai bagaimana memasang Yii pada jaringan localhost di Linux.

Sebelum lebih jauh ke proses installasi, ada syarat yang tak bisa dilewati, yakni harus terpasang sebuah jaringan lokal terlebih dahulu. Di windows dikenal sebagai XAMPP, sedangkan di linux kita kenal sebagai LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP). LAMP ini berperan sebagai sebuah sistem jaringan lokal yang memungkinkan kita dapat membangun sebuah situs lokal. Untuk proses installasi LAMP di linux (debian khususnya) kamu dapat melihat artikel yang berjudul Membangun LAMP di Linux.

Setelah berhasil memasang sistem lokalhost dengan LAMP pastikan sudah dapat dijalankan.
Unduh file arsip Yii di website resminya http://www.yiiframework.com/download/
Setelah terunduh ekstrak lalu tampatkan folder hasil ekstraksi tadi ke direktori localhost, yakni /var/www/. Contoh folder hasil ekstraksi bernama Yii, sehingga diletakan pada direktori /var/www/ menjadi /var/www/Yii/
Ubah file permission atau hak kepemilikan folder tersebut untuk dapat diakses oleh user.
Buka peramban web kamu dan buka alamat localhost untuk Yii, masukan alamat http://localhost/Yii/
Sekarang tiba saatnya untuk membuat sebuah web application (contoh), buka terminal lalu masuk ke direktori /var/www/. Masukan perintah berikut:

# Yii/framework/yiic webapp namawebapp
// ganti namawebapp dengan nama webapp sesuai dengan yang kamu inginkan

Akan ada pertanyaan validasi, masukan perintah “yes” tanpa tanda petik.
Sekarang buka kembali peramban webmu lalu masukan alamat localhost untuk webapp yang baru saja dibuat, contoh http://localhost/yii/
Jika sudah muncul “My Web Application” itu tandanya kamu sudah sukses memasang Yii dan membuat sebuah web application dengan Yii di localhost.
Selanjutnya terserah kamu, akan dikreasikan seperti apa webapp tersebut.
Jika muncul error, pastikan file permission sudah dapat diakses oleh user.

Sekian untuk pertemuan kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam TI.NET ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *