3 Hal yang Menyebabkan Power Supply Rusak

Hai sobat TI.NET apa kabar.??? Sudah beberapa hari ini penulis tidak update artikel, maaf yah soalnya lagi ada kendala di PC, yah sama seperti dijudul Power Supply komputer penulis rusak. Maka dari itu penulis ingin coba share pengalaman yang mungkin bisa bermanfaat atau diambil hikmahnya dari cerita yang akan penulis tuturkan pada kesempatan kali ini

Listrik Sering Mati

Biasanya kejadian ini sering terjadi di desa-desa terpencil (pengalaman yang penulis alami), ketika hujan lebat sedikit listrik mati, ketika ada acara megah listrik juga dimatikan, malah sering juga tidak ada hujan tidak ada angin listrik dimatikan oleh pihak PLN. Entah apa yang harusnya terjadi, listrik di daerah terpencil dan di daerah pedalaman sering mengalami pemadaman. Tentu ini akan berdampak pada kondisi PC kamu, bayangkan ketika kamu sedang asik mengoperasikan PC kamu tiba-tiba listrik mati dan nantinya hal tersebut berdampak ke Power Supply yang utama. Solusi untuk menghindari hal tersebut yang bisa kamu coba adalah dengan memasang UPS (Uninterruptible Power Supply) yang berguna sebagai penyimpan daya listrik yang bisa digunakan ketika listrik mati komputer tidak akan mati, namun masih menggunakan daya yang diambil dari UPS, tentu ini juga dilihat dulu seberapa besar daya yang tersimpan didalamnya, jika cukup akan ada pemberitahuan berapa lama komputer akan tetap hidup dengan daya yang ada dalam UPS tersebut.

Listrik Tidak Stabil

Ya, PC merupakan perangkat elektronik yang bisa dibilang memerlukan daya yang besar untuk bisa dioperasikan. Hal ini tidak akan jadi kendala ketika tegangan listrik di rumah kamu besar dan tidak ada perangkat elektronik yang memakan daya besar yang lainnya. Tapi jika dirumah kamu terpasang daya listrik yang kecil namun banyak perangkat elektronik yang digunakan tentu ini akan menjadi kendala untuk PC kamu, khususnya Power Supply yang harus bekerja ekstra mengambil daya untuk kemudian dipasok kedalam semua perangkat yang ada didalam CPU. Kondisi listrik yang tidak stabil akan berdampak besar dan merugikan untuk Power Supply kamu. Cara yang bisa dilakukan untuk dapat meminimalisir kondisi tersebut adalah dengan memasak Stabilizer, apa itu Stabilizer.??? Stabilizer merupakan alat elektronik yang dapat menstabilkan listrik sebelum kemudian disalurkan ke perangkat elektronik lain sebaga daya yang cukup untuk digunakan.

Sering Mematikan PC dengan Paksa

Bagi kamu yang merupakan seorang teknisi komputer tentu hal ini sering dilakukan ketika mencoba atau memperbaiki PC. Mematikan PC dengan paksa seperti langsung mencabut kabel power sama halnya dengan mati listrik, akan berdampak dan merusak PC itu sendiri. Alangkah baiknya hindarilah kebiasaan tersebut karena hal tersebut ada sangkutannya dengan kondisi Power Supply yang kamu gunakan.

Kesimpulannya adalah bahwa peran adanya Power Supply adalah penting, alat ini merupakan satu-satunya alat pemasok listrik didalam CPU, tanpa adanya Power Supply tentu semua perangkat dalam CPU tidak akan berguna sama sekali. Jadi penting kiranya kita menjaga kondisi Power Supply agar bisa tetap dalam kondisi yang prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *