Set Default X Session Manager di Debian

Hi sobat TI.NET apa kabar.??? Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi masih soal yang menyangkut Debian. Sebelum lebih jauh lagi, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu X Session Manager. X Session Manager merupakan sebuah sistem pengaturan session atau sesi dimana ia dapat menyimpan dan mengembalikan keadaan keseluruhan dari aplikasi yang sedang dijalankan pada saat itu juga. Setiap shell sistem tentu memilikinya seperti GNOME dan KDE.

Dalam kasus ini penulis menggunakan sistem shell GNOME, jadi hanya akan penulis beri contoh untuk GNOME saja. Apa fungsi kita mengatur default X Session Manager ini.??? Ketika kita hendak masuk ke desktop kita, saat pertama muncul adalah jendela login dan pemilihan X Session yang akan kita gunakan, seperti contoh GNOME dan GNOME-Classic. Ketika pertama kali kita melakukan installasi sistem debian yang sudah dibundle dengan shell GNOME, kita akan menemukan GNOME sebagai X Session default, nah disini kita akan dapat menggantikan X Session default tersebut dengan yang lainnya, dalam kasus ini penulis gunakan GNOME-Classic karena penulis lebih suka tampilan yang minimalis namun elegant.

Tanpa panjang lebar lagi silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Buka terminal atau console dan masuk sebagai super user atau root

Masukan perintah dibawah ini untuk membuka jendela pemilihan X Session default

# update-alternatives --config x-session-manager

Akan muncul tampilan seperti dibawah ini

There are 2 choices for the alternative x-session-manager (providing /usr/bin/x-session-manager).
Selection      Path                             Priority   Status
----------------------------------------------------------------------
  0            /usr/bin/gnome-session            50        auto mode
  1            /usr/bin/gnome-session            50        manual mode
* 2            /usr/bin/gnome-session-fallback   40        manual mode
Press enter to keep the current choice[*], or type selection number: 2

Disana kamu dapat melihat pada bagian “Selection”, yang ada tanda bintang “*” merupakan X Session yang dijadikan default (dalam kasus ini /usr/bin/gnome-session-fallback), pada bagian “type selection number:” masukan nomor dari GNOME Session yang ingin kamu jadikan default dan dalam kasus ini ada tiga dua pilihan, yakni “Selection 1” dan “Selection 2”, “Selection 0” tidak digunakan karena itu hanya sebagai auto mode saja.

Setelah selesai dengan pemilihan GNOME Session diatas, sekarang kamu restart komputer dan lihat apa hasilnya. X Session yang akan muncul secara default adalah X Session yang kamu pilih tadi.

Sekian dari penuli semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam TI.NET ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *