Membangun Localhost dengan Bitnami di Linux

Bagi anda yang merupakan seorang web developmer tentu memerlukan adanya sebuah simulasi untuk membangun situs yang hendak anda buat. Di jaringan lokal atau localhost yang terpasang disebuah komputer anda sudah dapat membangun sebuah server kecil yang anda butuhkan sebagai wadah untuk mengembangkan situs yang akan anda buat. Server mini ini berperan sebagai simulasi jaringan server yang sesungguhnya, disini kamu sudah bisa merancang akan seperti apa nanti hasil dari situs yang sedang kamu kembangkan.

Bicara mengenai localhost atau jaringan lokal, dibutuhkan beberapa komponen agar jaringan lokal tersebut dapat dijalankan. Diantaranya MySQL Server, Apache, PHPMyAdmin dll. Dilinux semua komponen tersebut dapat diinstall satu per satu dan itu tentu memakan waktu yang lama dan lagi bagi anda yang tebilang baru di dunia linux, akan mengalami kesulitan untuk melakukan installasinya, karena setiap paket tersebut masing-masing berpisah. Namun seiring perkembangan kemodernan, kini dilinuxpun semua paket untuk membangun sebuah server lokal sudah dibundle kedalam sebuah paket software yang dapat dengan mudah untuk diinstall.

Bitnami adalah salah satu software berbasis GUI yang didalamnya terdapat beberapa komponen untuk membangun sebuah server lokal atau sering disebut LAMP (Linux, Apache, MySQL and Perl/PHP/Python). Dengan adanya bitnami ini kamu sudah dimanjakan dengan proses penginstallan yang mudah serta terintegrasi. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengunduhnya dalam bentuk bundle paket software. Jadi tidak perlu ribet dan cemas apakah setiap software yang dibutuhkan untuk membangun localhost akan terinstall semua dengan baik atau tidak, karena di bitnami secara otomatis akan menginstall software-software yang dibutuhkan untuk membangun jaringan lokal.

Jika di Windows, LAMP dikenal sebagai XAMPP. Antara fungsi dan isinya adalah sama. Yang membedakan hanyala jika LAMP berbasis Linux sedangkan XAMPP berbasis Windows.

Mungkin hanya itu saja sobat TI.NET yang dapat penulis sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah penulis berikan dapat menambah wawasan dan jika terdapat salah penyampaian mohon untuk dimaafkan. Salam TI.NET ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *