Cara Mengetahui Keaslian Artikel

Ada banyak blogger didunia ini, entah itu blogger lokal ataupun interlokal. Bahkan banyak pula blogger yang sukses dengan blognya yang mana hasilnya adalah dari copy ‘n paste. Tentu itu sangat menjengkelkan bagi kamu yang punya tulisan original misalnya, kemudian tulisan kamu tersebut disalin begitu saja ke blog orang lain dan justru blog orang lain itulah yang lebih laku dan lebih parahnya lagi ketika ia copy ‘n paste tidak disertakan back link ke artikel asli kamu dan tidak juga mengucapkan kata terima kasih.

Pada artikel kali ini penulis akan sedikit menjelaskan tentang bagaimana caranya untuk mengetahui apakah artikel dalam sebuah blog original atau hasil dari salinan. Tanpa panjang lebar ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka situs http://www.copyscape.com/.
  2. Pada kolom address bar masukan link artikel yang ingin kamu scann (ketahui apakah hasil dari copy ‘n paste atau tidak).
  3. Setelah selesai memasukan linknya, sekarang kamu klik tombol Go disamping address bar.
    copy 1
  4. Kamu akan diarahkan secara otomatis ke sebuah link yang akan menampilkan hasil apakah artikel dari link yang kamu masukan memiliki kemiripan dengan artikel di situs lain atau tidak.
  5. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menambahkan banner dari Copy Scape diblog kamu. Masuk ke link http://www.copyscape.com/banners.php?o=f dan pilih banner yang kamu sukai.

Mudah bukan.??? Itulah cara penulis untuk mengetahui apakah sebuah artikel dari suatu blog original atau hasil dari copy ‘n paste. Tidak hanya itu saja, namun situs www.copyscape.com juga bisa dijadikan alternatif untuk blog yang dipasang Google AdSense, karena Google AdSense juga menilai apakah sebuah artikel memiliki kemiripan dengan artikel diblog lainnya atau tidak. Jika artikel dalam sebuah blog memiliki kemiripan atau copy ‘n paste, Google AdSense justru tidak akan mau memasang iklannya diblog tersebut dengan alasan kreatifitas.

One thought on “Cara Mengetahui Keaslian Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *