Mengatasi Modem yang Terendam Air

Hallo sobat TI.NET apa kabar.??? Pada artikel kali ini penulis akan berbagi pengalaman mengenai bagaimana caranya untuk mengatasi modem yang terendam air agar dapat berfungsi seperti biasa lagi. Artikel ini diangkat dari kisah nyata yang dialami penulis beberapa hari yang lalu. Jadi ceritanya waktu itu penulis menyimpan modem USB di celana, kemudian celana tersebut penulis cuci dengan cara direndam terlebih dahulu sekitar 1 jam lebih dengan air diterjen dan lupa jika di dalam saku celana masih ada modemnya.

Setelah penulis mengetahui didalam saku celana tersebut ada modemnya, penulis langsung membawa modem tersebut ke tempat terang. Penulis bongkar modem tersebut hingga semua bagian terpisah satu dengan yang lainnya. Setelah dibongkar, penulis langsung menjemurnya dibawah sinar matahari mulai dari jam 8 hingga jam 4 sore. Jangan lupa juga untuk membali bagian-bagian modem agar terkena sinar matahari secara merata.

Perlu diingat juga, jika modem atau flashdisk kamu terendam air walaupun sudah kering dibagian luar jangan coba-coba langsung memasukannya ke port komputer. Karena itu akan mengakibatkan konsleting dan alhasil modem atau flashdisk kamu benar-benar rusak total. Lebih baik lakukan seperti yang penulis lakukan diatas. Pastikan setiap komponen modem benar-benar kering.

Setelah selesai dijemur lalu pasangkan lagi setiap komponen modem tersebut, kemudian penulis mencoba modem tersebut dengan menyambungkannya langsung ke komputer. Memiliki perasaan was-was dan takut jika modem sudah tidak berfungsi lagi. Tapi alhamdulillah ternyata modem yang penulis jemur seharian itu berfungsi seperti biasanya.

Cara yang dilakukan penulis diatas adalah cara yang mudah dan efektif untuk dilakukan. Namun jika cara tersebut belum berhasil di kamu, coba bawa modem atau flashdiskmu ke toko service, siapa tau memang ada komponen yang benar-benar rusak dan tidak bisa diperbaiki hanya dengan cara dijemur. Mungkin itu saja sobat TI.NET pengalaman yang bisa penulis share, semoga dapat bermanfaat dan bisa kamu prektekan langsung jika kamu mengalami hal serupa dan semoga berhasil.

One thought on “Mengatasi Modem yang Terendam Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *