Setting IP Address di Windows

Sebelum kita terkoneksi ke dalam sebuah jaringan perlu adanya settingan terlebih dahulu antar setiap komputer yang dihubungkan ke jaringan tersebut. Apakah akan diatur untuk static IP Address atau dinamik IP Address (DHCP). Itu semua tergantung pada kebutuhan yang bersangkutan. Jika memang ada server khusus untuk pengelola IP Address maka hanya butuh koneksi dengan settingan DHCP. Namun jika tidak (peer-to-peer) kamu perlu melakukan penyetingan static IP Address di setiap komputer.

Dalam artikel kali ini penulis akan menjelaskan tahapan untuk melakukan settingan IP Address static di sebuah komputer yang terhubung ke jaringan. Perlu diingat, dalam setiap jaringan IP Address berperan sebagai alamat untuk pertukaran data dalam jaringan. Sehingga IP Address antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya harus berbeda.

Berikut adalah setting IP Address static di Windows XP, pada dasarnya sama saja setiap settingan IP Address di windows. Jadi ketika kamu praktek dengan setiap versi dari windows akan dengan mudah melakukannya.

  1. Buka Control Panel  Network Connections
  2. Akan muncul ikon yang secara default bernama Local Area Connection. Jika belum kamu harus install terlebih dahulu driver LAN Card.
  3. Klik kanan pada Local Connection  pilih opsi Properties.
  4. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian klik Properties.
    koneksi windows 1
  5. Sesuaikan kelas IP Address yang dibutuhkan dalam jaringan, gambar berikut ini merupakan contoh konfigurasi yang penulis lakukan. Klik OK setelah selesai.
    koneksi windows 2
  6. Buat Local Area Connection aktif (enable) dengan cara klik kanan diatas Local Area Connection tersebut kemudian pilih enable. Klik kanan kemudian disable untuk mematikan Local Area Connection.
    koneksi windows 3
  7. Setelah semua beres, sekarang coba kamu buka Command Prompt (CMD) kemudian lakukan uji koneksi ke IP Address komputer lainnya yang terhubung ke jaringan yang kamu buat. Gambar dibawah ini adalah contoh uji koneksi yang dilakukan penulis.
    koneksi windows 4

Sekian yang dapat penulis sampaikan dan semoga semuanya dapat memberi manfaat. Salam TI.NET ^_^.

One thought on “Setting IP Address di Windows

  1. Pingback: Setting IP Address di Debian 7 Wheezy | Teknik Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *