Pengguna Komputer, Mata itu Penting

Bagi kamu yang bekerja sehari-hari dengan menggunakan komputer atau setiap hari duduk didepan komputer tentu harus mampu untuk menjaga kesehatan mata. Dari banyak orang yang sangat terobsesi dengan komputer tidak sedikit yang menggunakan kaca mata. Baik itu kacamata minus atau kaca mata anti radiasi. Mungkin itu memang konsekuensi yang harus diambil oleh seorang pengguna komputer. Namun pada artikel kali ini penulis akan berbagi tentang bagaimana tips untuk menjaga kesehatan mata, setidaknya bisa mampu mengurangi resiko mata yang rusak.

Jangan terlalu fokus ke komputer saat bekerja didepannya, usahakan untuk membuat sebuah peralihan untuk pandangan mata sejenak. Cara ini dilakukan supaya mata tidak hanya terpaku ke satu objek saja. Jika sempat usahakan untuk tengok kanan-kiri agar leher tidak kaku. Karena banyak pengguna komputer yang lehernya kaku akibat dari terlalu lama duduk didepan komputer.

Mengurangi tingkat kecerahan monitor adalah hal yang baik dilakukan untuk mengurangi radiasi yang dipancarkannya. Jika mampu, belilah kaca khusus untuk monitor yang bisa mengurangi radiasi yang dipancarkannya. Menggunakan kaca mata anti radiasi juga sangat direkomendasikan untuk mengurangi dampak dari pancaran sinar radiasi monitor.

Beristirahan sejenak disela-sela pekerjaan harus kamu lakukan dengan teratur. Minimal 5 menit sekali dalam sejam. Kamu bisa melakukan refreshing untuk berdiri dulu, berjalan-jalan sejenak atau kegiatan lainnya yang berguna sebagai peralihan.

Menjaga kesehatan mata dengan memberi obat tetes mata khusus sebaiknya dicoba, jika tidak mampu membeli obat tetes mata bisa juga dengan menggunakan cara yang lebih alami dan murah. Adalah dengan irisan ketimun yang masih segar yang disimpan diatas kelopak mata dengan posisi mata dibuka sebelum tidur. Hal ini sangat bermanfaat untuk kesegaran mata.

Banyak makan makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan sayuran lainnya adalah penting untuk menjaga mata agar mendapat asupan gizi secara terus-menerus. Alangkah baiknya jika menkonsumsi wortel mentah untuk menjaga mata tetap kinclong.

Mungkin hanya itu tips-tips yang bisa penulis sampaikan untuk menjaga kesehatan mata, karena bagi seorang pengguna komputer mata adalah komponen yang teramat sangat penting terjaga kesehatannya. Mungkin dari pembaca sekalian ada yang ingin menambahkan dipersilakan menyampaikannya dikolom komentar atau juga bisa langsung mengirim e-mail. Salam TI.NET ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *