Cache pada Web Browser

Apa itu cache.??? Cache atau gudang sementara adalah sebuah ruang virtual khusus yang ada pada sebuah web browser (sesuai judul) yang gunanya untuk menyimpan data-data sementara yang memiliki kapasitas tertentu. Mungkin kamu sering merasakan ketika sering membuka situs seperti facebook misalnya, semakin kamu sering membukanya maka semakin cepat akses datanya bukan.??? Hal inilah yang ada sangkut pautnya dengan cache, sebenarnya setiap kali kita mengakses sebuah situs, secara tidak langsung kita mengunduh beberapa transfer data dari situs tersebut yang kemudian disimpan di cache web browser. Inilah yang menyebabkan semakin sering kita membuka situs tersebut maka akan semakin cepat kita mengkasesnya.

Prinsipnya cache ini menyimpan sebagian kecil data saja, data dari situs-situs tersebut diurut sesuai ketentuan. Dari data-data tersebut ada yang sukar untuk dihilangkan ada juga yang sifatnya mudah untuk dihilangkan. Data yang sukar untuk dihilangkan seperti “Remember Me” pada opsi login sebuah situs, itulah mengapa kita akan terus bisa masuk ke situs tersebut tanpa harus login. Ada cara untuk menghapus cache-cache tersebut, yakni dengan menggunakan fasilitas clear cahce pada web browser yang bersangkutan atau menggunakan software pembersih khusus.

Setelah cache-cache tersebut terhapus secara keseluruhan dari sebuah web browser, maka web browser tersebut akan kembali seperti pertama kali ia diinstall. Tidak ada session data yang tersimpan baik itu history atau session login. Mungkin sedikit pemaparan dari penulis bisa setidaknya membuka wawasan pembaca sekalian. Mohon maaf apabila terdapt kekurangan atau ketidak jelasan serta kesalahan dalam penyampaiannya. Salam TI.NET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *