Shutdown Otomatis Setelah IDM Selesai Download

By | 3 August 2013

Hallo sobat TI.NET apa kabar.??? Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi trik yang terbilang umum diketahui oleh banyak orang. Namun siapa sangka jika kamu bukanlah orang yang termasuk didalamnya. Kali ini penulis akan berbagi tetang bagaimana melakukan shutdown otomatis setelah IDM selesai mendownload sebuah file. Jadi ketika kita sedang mendownload dengan menggunakan IDM, kemudian telah selesai mengdownloadnya, maka secara otomatis IDM akan mematikan komputer kita. Cara ini biasa penulis lakukan ketika hendak mengunduh file yang berukuran besar, karena bosan menunggu maka penulis biarkan IDM berjalan/mendownload sedangkan penulis tidur. Sejauh ini penulis rasakan bahwa cara seperti ini sangatlah efektif dilakukan.

Bagi kamu yang belum tahu caranya dan ingin mencobanya, berikut ini adalah langkah-langkah mudah yang harus kamu ikuti:

  1. Download sebuah file dengan IDM.
  2. Setelah jendela pendownloadan IDM muncul dan sedang dalam proses mendownload, klik tab Options on Completion.
  3. Disana akan terdapat beberapa opsi, beri tanda centang pada opsi Turn Off Computer When Done dan Force Processes to Terminate. untuk lebih lengkapnya lihat gambar dibawah ini.
    IDM 300x244 Shutdown Otomatis Setelah IDM Selesai Download

Sekarang hanya tinggal membiarkan IDM melaksanakan tugasnya untuk mendownload file tersebut, dan akan mematikan komputer secara otomatis setelah proses pendownloadan selesai. Perlu diingat, penulis himbau pilihlah server terbaik untuk mendownload. Takutnya jika dalam proses mendownload tiba-tiba koneksi terputus dari server atau koneksi internet kamu yang tersendat akan mengakibatkan IDM memunculkan pesan error dan tidak akan melanjutkan mendownload serta tidak akan mematikan komputer dengan otomatis.

 Shutdown Otomatis Setelah IDM Selesai Download

Sandi Mulyadi

Administrator at Teknik Informatika
Saya adalah seorang biasa yang kebetulan memiliki hobi yang ada hubungannya dengan komputer. Setiap hal yang saya rasa bisa bermanfaat bagi orang lain maka saya akan membagikannya di situs Teknik Informatika ini.
 Shutdown Otomatis Setelah IDM Selesai Download

Bagikan artikel ini