Tips Membersihkan Keyboard

Keyboard termasuk perangkat keras komputer (hardware) yang sangat rawan masuknya debu dan begitu sulit untuk dibersihkan. Namun kali ini penulis akan berbagi tips tentang bagaimana membersihkan keyboard komputer yang sering penulis lakukan. Caranya cukup sederhana, kamu hanya cukup beberapa alat sederhana saja, diantaranya kuas kecil yang biasa digunakan untuk melukis juga bisa, lap bersih, dan pencukil. Untuk pencukil kamu bisa menggunakan catut atau apapun yang kecil namun cukup keras, gunanya adalah untuk membuka tombol-tombol pada keyboard. Jika semua alat sudah kamu persiapkan, ikuti langkah-langkah berikut ini dengan seksama.

  1. Bawa keyboard ke tempat yang terang
  2. Kamu bisa foto terlebih dahulu (bisa menggunakan hp yang cukup jelas) untuk mengingat susunan keyboard nantinya. Karena dalam tips ini kamu akan membuka tombol pada keyboard satu persatu.
  3. Setelah sususan keyboard kamu foto, sekarang saatnya bagi kamu untuk mulai membuka tombol-tombol tersebut dengan menggunakan alat yang seperti penulis maksudkan. Masukan ujung catut/gunting kuku (misalkan) kedalam sela/celah terbawah dari tombol. Kamu bisa memulainya dari tombol CTRL (paling pojok kiri bawah keyboard) supaya mudah. Kemudian lanjutkan ke tombol yang sejajar, lakukan langkah-langkah itu untuk membuka tombol-tombol tersebut. Kemudian cungkilkan ke arah luar tombol yang hendak dibuka, dalam tahap ini kamu harus berhati-hati, karena kalau tidak tombol akan patah dibagian bawahnya.
  4. Setelah semua tombol terblepas dari keyboardnya, kamu mulailah membersihkannya dengan menggunakan kuas. Sapu dari bagian kanan ke bagian kiri atau sebaliknya. Perhatikan untuk tidak melewatkan debu sedikitpun, kamu juga bisa menggunakan lap untuk membersihkannya asalkan jangan menggunakan lap basah karena akan merusak keyboard jika air sampai masuk ke bagian dalamnya.
  5. Setelah kira-kira keyboard yang kamu sapu bersih, kini tiba saatnya untuk kamu membersihkan tombol-tombol keyboardnya. Disini kamu bisa menggunakan air bersih untuk mencucinya, karena tombol-tombol tersebut sudah terpisah dengan keyboard.
  6. Setelah tombol tersebut tercuci bersih, jemurlah hingga benar-benar kering.
  7. Setelah semuanya bersih, sekarang mulailah untuk memasangnya kembali, kamu bisa melihat susunannya dari foto yang kamu ambil. Untuk memeasukannya kamu bisa lihat dibagian lubangnya. Pastikan bagian tengah tombol masuk ke lubang yang ada di keyboard dan lakukan dengan hati-hati.
  8. Untuk bagian yang ada kawatnya, kamu bisa memposisikan seperti yang awal tombol tersebut dicopot. Kamu tinggal paskan saja posisi yang cocok karena pada dasarnya tombol yang ada kawatnya tidak akan masuk jika posisi meletakan kawatnya salah.

Selesai sampai disini selamat mencoba dan semoga berhasil.

One thought on “Tips Membersihkan Keyboard

  1. Pingback: Hal-hal yang dapat Menyebabkan Keyboard Rusak | Teknik Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *