Hal-hal yang dapat Menyebabkan Keyboard Rusak

Hallo sobat TI.NET, apa kabar.??? Kali ini penulis hanya akan berbagi pengalaman saja mengenai hal apa saja yang mungkin menyebabkan keyboard mengalami error atau rusak. Namun ini semua penulis ambil dari segi fisiknya saja, maksudnya kerusakan pada sistem operasi atau driver tidak termasuk. Karena sangat langka atau jarang sekali ada keyboard yang rusak secara software. Tanpa panjang lebar lagi, silakan ikuti pemaparan berikut ini.

Tetesan air atau sesuatu yang basah adalah musuh dari keyboard, tidak perlu air yang banyak hanya dengan setetes saja itu akan sudah dapat merusak keyboard. Penulis pernah mengalami kejadian tersebut. Langkah antisipasinya adalah jika keyboard kamu kemasukan air segeralah kamu buka tombol-tombol keyboard kemudian jemur keyboard tersebut. Cara ini penulis lakukan dan hasilnya memuaskan (keyboard sudah dapat digunakan kembali dengan normal). Bagi kamu yang beranggapan jika hanya setetes saja sih gak masalah, jika itu terjadi pada keyboard tentulah akan menjadi masalah yang serius. Karena meskipun hanya sebagian kecil yang terkena tetesan air maka dampaknya akan berimbas ke semua komponen tombol yang ada di keyboard tersebut.

Kemudian debu adalah masalah yang jangan dianggap remeh. Kadang kala keyboard yang sudah lama tidak dibersihkan dan berdebu, si debu yang sudah menumpuk tersebut akan menggumpal hingga pada akhirnya menghambat pengetikan. Tombol akan tersendat/terhalang oleh debu tersebut.

Mungkin secara garis besar hanya itu saja yang dapat menyebabkan kerusakan pada keyboard secara fisik. Untuk itu perlu adanya perawatan rutin minimal sebulan sekali untuk membersihkannya. Jika kamu belum tahu bagaimana caranya untuk membersihkan keyboard, kamu bisa lihat artikel lainnya yang berjudul Tips Membersihkan Keyboard. Sekian dari penulis semoga bisa bermanfaat ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *