Installasi Software lebih Mudah di Linux

Mungkin kamu beralasan mengapa lebih memilih sistem operasi Windows ketimbang Linux adalah karena salah satunya Windows sangat mudah menginstall software-softwarenya, hanya dengan sekali dua kali klik akan sudah bisa menginstall sebuah software sedangkan di Linux lebih sulit dan ribet karena meski memasukan perintah satu demi satu di terminal/konsole. Namun dalam artikel kali ini penulis akan membantah semua itu, siapa bila menginstall software di Linux sulit dan meski lewat terminal.??? Seiring dengan kemajuan zaman kini Linux versi desktop juga melengkapi fasilitas untuk installasi sebuah software hanya dengan sekali atau dua kali klik saja yang tentunya sangat diharapkan oleh para Linuxers untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan.

Disini penulis akan perlihatkan bagaimana caranya untuk menginstall sebuah software tanpa harus menggunakan terminal atau konsole dengan sistem operasi Debian. Bahkan menurut penulis, melakukan installasi software di Linux kini lebih mudah ketimbang di Windows, mengapa.??? Karena di Linux tidak perlu banyak klik Next seperti di Windows, cukup dengan sekali klik Install Button saja software akan secara otomatis terinstall. Gak percaya.??? Simak langkah-langkahnya beriut ini:

  1. Sama halnya dengan di Windows, di Linux juga memerlukan file installer mentah dengan depending sesuai sistem operasi yang digunakan. Karena penulis menggunakan sistem operasi Debian maka paket dependingnya berekstensi .deb.
  2. Setelah kamu mendapatkan file installer yang akan diinstal, klik kanan pada file tersebut lalu pilih Open With GDebi Package Installer.
  3. Secara otomatis akan keluar jendela seperti gambar dibawah ini, klik Install Package untuk melanjutkan installasi
    install 1
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses installasi berhasil.
    install 2
  5. Setelah installasi berhasil, akan muncul keterangan seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Tutup jendela tersebut untuk mengakhirinya.
    install 3

Selesai sampai disini, sangat simpel dan mudah bukan. Jadi sekarang bagaimana, mudah dan cepat mana antara install software di Windows dengan di Linux.??? Jadi jangan takut untuk menjadi seorang Newbie Linuxers karena sekarangpun Linux sudah semakin user friendly ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *