Disk Defragmenter di Windows

Disk Defragmenter merupakan utilitas Windows yang dirancang untuk meningkatkan akses dengan melakukan penataan ulang data yang berada pada harddisk. Disk Defragmenter juga sering disebut sebagai utilitas yang mampu menyusun data-data yang tersimpan di dalam harddisk, dengan tersusunnya data-data tersebut diharapkan akan mampu mengurangi waktu untuk melakukan pembacaan data-data yang ada pada harddisk tersebut sehingga pada nantinya akses data akan lebih cepat.

Dalam artikel kali ini penulis akan membahas mengenai bagaimana cara menanta ulang atau defragmenting pada Windows 7 :

  1. Pertama klik Start Button à All Program à Accessories à System Tools à Disk Defragmenter.
  2. Setelah jendela Disk Defragmenter terbuka, kamu akan lihat beberapa label dari harddisk yang ada dikomputermu. Pilih salah satu lebel yang akan di defrag terlebih dahulu atau kamu juga bisa langsung memilih semua label. Setelah memilih klik tombol Analyze Disks
    disk 1
  3. Biarkan proses penganalisaan berjalan hingga akhir. Tunggulah dengan sabar karena pada proses ini akan membutuhkan waktu yang lumayan lama.
    disk 2
  4. Setelah proses penganalisaan selesai, kamu akan melihat berapa persen hasil dari analisa tersebut. Masih dengan memilih label yang sama kali ini kamu klik tombol Defragment Disk. Tunggu lagi beberapa saat hingga proses defragmenting selesai. Pada tahap ini akan memakan waktu yang lebih banyak ketimbang saat penganalisaan.
    disk 3
  5. Jika sudah selesai, tutuplah jendela Disk Defragmenter maka dengan ini kamu sudah selesai melakukan penyusunan atau sorting terhadap data-data yang ada di dalam harddiskmu.

Untuk melakukan Disk Defragmenter penulis himbau untuk melakukannya secara rutin. Karena hal tersebut merupakan suatu bentuk dari perawatan komputer secara software. Tidak perlu terlalu sering, minimal lakukan Disk Defragmenter satu bulan satu kali. Sekian dari penulis semoga bermanfaat dan salam TI.NET ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *