Cetak File dalam Bentuk .pdf

Portable Document Format (PDF) merupakan format file yang digunakan untuk mewakili dokumen secara independen perangkat lunak aplikasi, perangkat keras dan sistem operasi. Banyak dokumen berupa teks yang sengaja dibuat dalam bentuk PDF. Alasannya adalah untuk lebih mudah dan enak dibaca dan tidak mudah untuk diubah atau diedit isinya, meskipun adapula software yang mampu melakukannya. File dalam bentuk PDF ini hanya dapat dibaca dengan menggunakan software khusus diantaranya Adobe Reader, PDF Reader, Foxit Reader dan lain-lain.

Namun bagi sebagian orang kurang begitu faham atau tidak mengetahui bagaimana membuat sebuah file ke dalam bentuk PDF. Bahkan tidak sedikit orang hanya melakukan konversi dari Word ke PDF, memang hal tersebut bisa dilakukan namun kadang hasilnya tidaklah maksimal. Untuk itulah penulis membuat artikel ini yang akan membahas tentang bagaimana cara melakukan Cetak File dalam Bentuk .pdf dengan menggunakan doPDF. Cara kerjanya sama seperti kita mencetak dengan printer, yang membedakan adalah jika printer memberikan output berupa hardcopy dari tulisan yang ada dalam aplikasi pengolah data secara utuh sedangkan doPDF mencetak dalam bentuk softcopy atau berekstensi .pdf yang akan menampilkan secara utuh pula sesuai dengan apa yang ada dalam aplikasi pengolah kata tersebut.

Tentu dengan adanya doPDF ini akan menjadikan kita lebih mudah dan cepat dalam membuat file dalam bentuk .pdf. Berikut ini merupakan tahapan-tahapan untuk membuat file PDF dengan menggunakan doPDF :

  1. Download aplikasi doPDF di http://www.dopdf.com/download.php
  2. Setelah selesai coba kamu install dengan cara mengkliknya dua kali atau klik kanan lalu pilih run.
  3. Setelah aplikasi doPDF terinstall dengan benar, sekarang kamu masuk ke aplikasi pengolah data yang kamu gunakan. Misalnya OpenOffice Word, Ms. Word, LibreOffice dll. Buka lembaran naskah yang ingin kamu cetak ke dalam bentuk PDF.
  4. Setelah kamu membuka lembar kerja pengolah lengkap dengan naskah yang ingin kamu cetak, sekarang kamu coba print seperti biasa dengan mengklik Office Button kemudian pilih opsi Print (Ms. Office Word).
  5. Pada bagian Printer Name, kamu ganti dengan memilih printer bernama doPDF dan klik tombol Ok untuk mulai mencetak.
    dopdf 1
  6. Akan muncul jendela baru seperti terlihat pada gambar dibawah ini, pada File Name isi dengan nama file yang kamu inginkan dengan tidak menghilangkan exstensi .pdf pada akhir nama filenya. Beri centang pada opsi open PDF in reader untuk ketika selesai melakukan cetak akan langsung dibuka dengan menggunakan aplikasi PDF Reader yang digunakan. Setelah selesai klik tombol Ok dan tunggu beberapa saat hingga proses printing selesai.
    dopdf 2
  7. Secara otomatis akan terbuka jendela PDF Reader yang berisi naskah yang hendak kamu cetak tadi. Lihat gambar dibawah ini sebagai contohnya.
    dopdf 3

Sekian dari penulis semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus melihat pembaharuan artikel-artikel setiap harinya. Salam TI.NET ^_^

3 thoughts on “Cetak File dalam Bentuk .pdf

  1. Pingback: Cara Membuat Buku Digital: E-book Berformat PDF?

  2. Mas, klo untuk mengedit kembali file pdf dari hasil menggunakan dopdf tadi caranya seperti gimana ya ?Saya ada kasus serupa, sudah saya coba berkali kali dengan aplikasi tapi kok masih tetap ga bisa. Saya hanya ingin memberi highlight pada text di dokumen pdf tersebut. Setelah saya cek di properties file pdf tertulis untuk ” signing is not allowed” ,mohon pencerahannya mas.
    Terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *