Kekurangan dan Kelebihan Google Chrome

Google Chrome, siapa yang tidak mengenal web browser yang satu ini. Menurut penelitian Top 10 Review, Google Chrome merupakan aplikasi web browser terbaik yang pernah ada (exsternal link). Mengapa demikian, karena Google Chrome sangat cepat saat pertama kali dijalankan dan mampu membuat penggunanya untuk browsing dengan nyaman karena kesetabilannya dalam mengolah kontent web yang ia baca. Namun siapa sanka, hal tersebut membuat sebagian orang dengan spesifikasi komputer yang sedikit rendah merasakan performa komputer mereka merasa sedikit melambat ketika aplikasi Google Chrome ini dijalankan. Banyak yang bertanya mengapa ketika kita terkoneksi ke internet performa komputer akan sedikit melambat, menurut saya hal tersebut bukan masalah koneksinya melainkan aplikasi yang digunakan untuk koneksi tersebut dari mulai aplikasi dialer hingga web browser.

Disini penulis akan sharing mengapa performa Google Chrome lebih baik ketimbang aplikas web browser yang lainnya juga penulis akan bahas mengapa performa komputer akan melambat ketika menjalankan aplikasi Google Chrome. Daripada penasaran alangkah baiknya anda untuk tetap menyimak pemaparan penulis berikut ini.

Alasan mengapa Google Chrome cepat saat pertama kali dijalankan adalah karena ia memakan space dari RAM yang cukup banyak. Hingga fokus dari pemusatan akses data hanya pada Google Chrome. Inilah yang tidak dimiliki web browser yang lainnya dan menjadikan Google Chrome sebagai aplikasi pengolah web terbaik. Sebagai bukti anda bahwa Google Chrome memakan banyak space RAM adalah dengan mencoba menjalankan dua buah web browser, pertama jalankan Google Chrome dan yang kedua adalah jalankan web browser lainnya seperti Mozilla Firefox. Kemudian kamu buka Task Manager dengan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Delete, kemudian pilih opsi Task Manager. Setelah jendela Task Manager terbuka klik tab Processes. Disana kamu akan melihat aplikasi chrome.exe akan lebih banyak ketimbang aplikasi firefox.exe tentu itu akan menjadikan setiap aplikasi chrome.exe akan satu persatu dieksekusi dan menjadikan performanya lebih stabil dan enak untuk digunakan.

chrome 1

Kemudian bukti lainnya bahwa Google Chrome memakan space RAM yang begitu banyak adalah dapat dilihat dari menu Background Pages Google Chrome. Cara untuk menampilkannya adalah dengan mengklik opsi untuk Settings (pojok kanan atas icon garis-garis) lalu pilih opsi View Background Page. Maka akan tampil program apa saja yang aktif dan memakan space dari RAM seberapa banyak untuk setiap program tersebut. Program tersebut terdiri dari banyaknya jumlah tabs ekstension yang aktif. Sehingga semakin banyak memasang exstension maka akan semakin banyak space memori yang terpakai begitupun dengan jumlah tabs.

chrome 2

Demikianlah pemaparan yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini sob, kurang lebihnya penulis mohon maaf. Tetap buka terus TI.NETnya setiap hari yah, salam informatika  ^_^

One thought on “Kekurangan dan Kelebihan Google Chrome

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *