Alasan Skinpack Lama Saat Startup

Hallo sobat TI.NET kali ini penulis akan berbagi pengalaman dengan kamu tentang skinpack, bagi kamu yang suka akan dekorasi tampilan pada desktop windows mungkin sudah tidak asing lagi kata skinpack ini. Ya, skinpack adalah sebuah program yang dapat merupah tampilan desktop secara keseluruhan, mulai dari tema dasar hingga tema suara yang digunakan. Namun tidak sedikit orang yang mengeluh akan skinpack ini lho, kebanyakan dari mereka mengeluh jika menggunakan skinpack performa komputer akan menurun atau komputer akan menjadi lelet. Namun tenang saja sob, kali ini penulis akan kasih tau alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi dan juga akan memberikan tips and tircks tentang bagaimana cara menanggulainginya. Daripada penasaran mendingan lanjutkan membacanya sob.

Hal pertama yang harus kita mengerti mengapa jika desktop dipasang skinpack menyebabkan performa yang menjadi turun adalah cara kerja dari skinpack itu sendiri. Skinpack merupakan sebuah bundle khusus yang didalamnya terdapat berbagai program untuk merubah tampilan. Jadi sebenarnya skinpack itu bukanlah sebuah program melainkan paket bundle khusus yang mengikat dan menyatukan beberapa program untuk merubah tampilan desktop. Saya ambil contoh skinpack Mac OS X Lion, didalamnya terdapat program bootscreen yang mana fungsinya adalah mengubah tampilan saat bertama kali booting windows, kemudia login screen yang mengubah tampilan login, lalu cursor effect yang mengubah efek dari kursor, lalu ada lagi icon archive yang mana didalmnya terdapat ikon-ikon untuk menggantikan ikon yang sebelumnya dan masih banyak yang lainnya. Nah, disini sebenarnya kita bisa saja menginstall skinpack tanpa adanya beberapa program yang disertakan, misalkan tanpa diinstall login screen, maka hanya tampilan login screenlah yang tidak akan berubah pada nantinya.

Nah disini kebanyakan skinpack itu menginclude atau memasukan program secara berlebihan yang mengatasnmakan keindahan, misalkan pada skinpack Mac OS X Lion, untuk menunjang tampilan yang semirip mungkin dengan Mac OS  yang sesungguhnya maka dalam skinpack tersebut disertakan program rocketdock misalkan, program tersebut akan tampil sebagai menu dibagian bawah monitor. Tentu kita juga mengetahui bahwa memang pada sistem operasi Mac OS tampilannya seperti itu.

Jadi disini kembali kepadadiri masing-masing apakah kita memang menginginkan pernak-pernik yang lengkap tersebut atau hanya perlu beberapa program saja dan memarikan layanan dari program yang lainnya.??? Jika kamu memang menginginkan tampilan selengkap mungkin, kamu perlu memiliki komputer yang memang spesifikasinya memadai untuk setiap program tambahan tersebut. Namun jika komputer kamu memang keadaannya minimalis, maka ada caranya untuk bagaimana caranya tetap bisa menikmati tampilan yang diinginkan dengan porsi yang sesuai dengan kemampuan komputer yang dimiliki.

Setiap program tambahan yang aktif, akan dijalankan saat pertama kali windows startup. Ini artinya, komputer akan benar-benar bekerja exstra saat proses starting up. Itulah yang mengakibatkan komputer lelet saat pertama kali starting up. Namun disini saya punya sedikit langkah antisipasi untuk mematikan program yang memang tidak diperlukan tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda ikuti untuk mematikan program yang tidak diinginkan saat startup dengan skinpack yang digunakan, dalam kasus ini saya menggunakan skinpack Mac OS X Lion pada Windows 7, demi keserasia antara tutorial lebih baik kamu juga memasang skinpack Mac OS X Lion untuk dipelajari terlebih dahulu, lihat artikel penulis yang berjudul Skinpack Mac OS X Lion untuk Windows 7.

  1. Klik start button, lalu pada search bar masukan kata kunci “msconfig” tanpa tanda kutip.
  2. Maka akan muncul jendela System Configuration, klik tab startup dan kamu akan menemukan beberapa nama program yang dijalankan saat startup.
  3. Hilangkan tanda centang pada program yang tidak ingin kamu jalankan saat startup. Dalam kasus ini saya akan menghilangkan tanda centang pada program-program berikut, RocketDock, XLaunchpad, DeskDrive, Finderbar, maComfort, SkinPackMenu, UberIcon, Winroll, xwidget, dan Y’z Shadow.
  4. Setelah selesai klik tombol Apply dan klik Ok. Maka akan tampil jendela yang meminta anda me-restart komputer. Restart komputer untuk menyimpan konfigurasi yang baru.

Setelah komputer kembali startup, maka akan ada beberapa program yang tidak ikut dijalankan bukan. Yup, itu adalah program yang tadi kita hilangkan tanda centangnya pada bagian System Configuraion. Jika muncul sebuah jendela di desktop, berikan tanda centang lalu klik Ok.

Selesai sampai disitu sob, kini kamu akan mendapatkan tampilan yang benar-benar minimalis dan sesuai dengan spesifikasi komputer kamu. Dan kamu juga berhasil menonaktifkan beberapa program yang memang tidak kamu butuhkan yang akan mengakibatkan performa komputer kamu melambat. Sekian dari penulis untuk artikel yang satu ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan yah. Salam TI.NET ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *