Mematikan Aplikasi yang Berjalan Saat Startup

Proses startup akan menjadi proses yang sangat lama dan membosankan jika dalam proses tersebut banyak aplikasi atau program yang berjalan secara otomatis beriringan dengan kemunculan desktop untuk yang pertama kali dikala komputer baru saja dihidupkan. Banyak hal yang dapat menyebabkan lamnya proses startup salah satunya adalah adanya program yang ikut atau langsung berjalan saat komputer startup. Dalam artikel kali ini penulis akan kasih solusi tentang bagaimana caranya untuk mematikan program yang tidak perlu berjalan saat startup.

Sebelum lebih jauh lagi mengenai bagaimana mematikan program yang akan berjalan saat startup, alangkah baiknya kamu melakukan listing untuk aplikasi apa saja yang harus dijalankan saat startup. Disini penulis sangat menyatankan untuk menjalankan antivirus saat startup, selebihnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika sudah melakukan listing dan tahu program apa saja yang akan dijalankan saat startup, maka kamu ikuti saja deh langkah-langkah berikut ini :

  1. Masuk ke start menu, kemudian pada bagian run ketikan perintah “msconfig” tanpa tanda kutip lalu klik tombol run.
  2. Jendela System Configuration akan secara otomatis muncul, disini kamu masuk ke tab menu startup, disana kamu akan menemukan deretan dari software apa saja yang dijalankan saat startup. Hilangkan tanda centang pada opsi software yang tidak ingin dijalankan saat startup.
  3. Setelah mematikan satu-satu aplikasi yang biasanya berjalan saat startup, langkah berikutnya adalah kamu klik tombol Apply kemudian klik tombol Ok.
  4. Setelah jendela msconfig tertutup, sekarang coba kamu restart tuh komputer yang dijadikan praktek untuk menyimpan konfigurasi file msconfig.

Sekarang kamu bisa lihatkan aplikasi yang tadinya berjalan secara otomatis saat startup kini sudah tidak dijalankan lagi. Tentu ini akan menjadikan peforma komputer kamu lebih ringan dan cepat dari sebelumnya.

Mungkin demikianlah tutorial untuk kesempatan kali ini, mohon maaf apabila ada salah kata atau ada kata yang menyinggung perasan rekan TI.NET sekalian. Tetap pantengin terus TI.NET-nya yah 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *