Install Windows lewat Flashdisk (Windows)

Jika pada artikel sebelumnya penulis memberikan sebuah tutorial yang membahasan tentang bagaimana melakukan Insallasi Linux lewat Flashdisk, maka pada artikel kali ini penulis ingin berbagi mengenai bagaimana caranya untuk bisa menginstall windows lewat flashdisk. Sebetulnya antara menginstall windows lewat flashdisk dengan menginstall linux tidak jauh berbeda, yakni sama-sama membutuhkan sebuah software khusus yang dapat menjadikan flashdisk bootable akan sistem operasi yang ada didalamnya. Namun software antara membuat bootable untuk linux dan windows itu berbeda. Ingin tahu lebih lengkapnya.??? Simak terus artikel ini hingga akhir.

Jika untuk membuat bootable linux kita memerlukan software seperti Universal USB Installer, maka untuk membuat bootable windows kita butuh software yang bernama win2flash. Kedua software tersebut sifatnya gratis, dan kamu juga bisa mendapatkannya dengan mudah diinternet.

Tanpa panjang lebar lagi, sekarang saatnya untuk melakukan langkah-langkah untuk melakukan installasi windows lewat flashdisk.

  1. Sediakan CD Installer windows yang akan diinstall, dalam kasus ini penulis menggunakan Windows XP. Jika kamu tidak punya CD Installer windows, kamu juga bisa menggunakan .iso file yang kemudian dimount oleh aplikasi khusus seperti diamon tool.
  2. Download software win2flash pada alamat http://wintoflash.com/download/en/. Secara otomatis ia akan mengunduh file berekstensi .zip dari server, sehingga kamu perlu adanya koneksi ke internet.
  3. Setelah file .zip terunduh, coba kamu ekstrak kedalam sebuah folder tapi ingat, semua file yang ada dalam file .zip tersebut meski lengkap dan jangan terpisah.
  4. Jalankan file bernama WinToFlash.exe dengan cara menkliknya dua kali atau klik kanan run.
  5. Akan muncul jendela seperti terlihat dibawah ini, kemudian kamu klik icon tanda centang berwarna hijau.
    w2f 1
  6. Tampilan awal akan ditampilkan, klik Next untuk melanjutkan.
    w2f 2
  7. Disini akan muncul jendela untuk memilih file path untuk CD Installer windows dan letak USB drive lebel dari flashdisk yang akan dijadikan media. Setelah anda mengaturnya klik Next.
    w2f 3
  8. Akan muncul jendela License Agreement, pilih opsi I do accept bla. . . bla. . . kemudian klik Continue.
    w2f 4
  9. Akan muncul sebuah peringatan, jika dalam flashdisk kamu tersimpan banyak data atau ada data yang penting, penulis sarankan untuk menyalinnya terlebih dahulu. Karena untuk menjadikan flashdisk sebagai media haruslah dalam keadaan kosong. Jika kamu rasa udah mateng dan siap untuk memformatnya klik Continue.
    w2f 5
  10. Tunggu proses penyalinan file dari CD Installer ke flashdisk, proses ini akan memakan banyak waktu dan juga menghabiskan space RAM yang tidak sedikit. Sehingga penulis sarankan dalam keadaan ini kamu jangan membuka program lain, karena itu akan menggangu berlangsungnya proses exstraksi. Jika proses tersebut sudah beres dengan indikator menunjukan 100%, kemudian kamu klik tombol Next.
    w2f 6
  11. Setelah muncul jendela akhir seperti terlihat pada gambar dibawah ini, itu menandakan bahwa proses pembuatan flashdisk sebagai media installasi sistem operasi sudah berhasil. Klik Exit untuk mengakhirinya.
    w2f 7
  12. Kemudian kamu restart komputer lalu masuk BIOS. Atur di BIOS agar firstboot diarahkan ke flashdisk. Kemudian simpan konfigurasi BIOS tersebut dan restart komputer.
  13. Secara otomatis komputer akan melakukan booting pada flashdisk dan siap untuk menginstall sistem operasi windows yang ada didalamnya.

Sampai disini tutorial untuk kali ini, sebagai tingkat lanjut untuk installsi, penulis sarankan agar kamu membaca referensi untuk tahapan installasi dari windows. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk dishare yah sob TI.NET ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *