Memasang DNS Nawala untuk Internet Sehat

DNS Nawala adalah layanan DNS yang bebas digunakan oleh pengguna akhir atau penyedia jasa internet untuk mendapatkan akses internet bersih dan aman. DNS Nawala melakukan penapisan situs-situs berkandungan negatif yang tidak sesuai dengan norma kesusilaan dan budaya Indonesia, seperti situs berkandungan pornografi atau perjudian. Selain itu DNS Nawala juga menapis situs-situs yang berbahaya dan melanggar aturan perundangan, seperti situs penipuan, malware dan phising. (dikutip dari http://www.nawala.org/)

Disini penulis akan perlihatkan langkah demi langkah dalam memasang DNS Nawala di komputer kamu, perlu kamu ingat NameServer untuk DNS Nawala adalah 180.131.144.144 dan 180.131.145.145. NameServer inilah yang akan digunakan sebagai jembatan antara komputerkamu sebelum tehubung ke internet. Intinya saat melakukan koneksi ke internet, alurnya adalah komputermu masuk terlebih dahulu kedalam sebuah gerbang keamanan untuk diperiksa, situs mana yang akan kamu tuju. Jika situs tersebut masuk ke dalam blacklist, maka kamu tidak akan dihubungkan keinternet. Sangat mudah bukan.??? Kamu dapat menggunakan layanan internet sehat dari DNS Nawala yang gratis ini untuk menjauhkan anak-anak dari situs-situs yang tidak sepantasnya dibuka oleh mereka. Keran kan.???

  1. Masuk Control Panel (klik Start button à Control Panel)
  2. Klik View network status and tasks
  3. Klik Change adapter settings (bar sebelah kiri), disana kamu akan menemukan dengan menggunakan adapter apa kamu terkoneksi ke internet. Klik kanan pada network adapter yang kamu gunakan lalu klik disable. Jika kamu menggunakan modem untuk koneksi internet, maka matikan terlebih dahulu koneksi di modem tersebut.
    dns nawala 1
  4. Setelah koneksi internet didisable, klik kanan pada network adapter tersebut lalu pilih Properties.
    dns nawala 2
  5. Pilih opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) à klik Properties
    dns nawala 3
  6. Masukan kedua NameServer dari DNS Nawala berikut ini 180.131.144.144 dan 180.131.145.145, kemudian masukan pada kolom Preferred DNS Server dan Alternate DNS Server setelah selesai klik Ok
    dns nawala 4
  7. Tutup jendela network adapter
  8. Klik kanan pada network adapter yang kamu gunakan (yang telah diedit barusan) kemudian klik enable untuk menghubungkan ke internet kembali
    dns nawala 5
  9. Selesai sampai disini, kini kamu sudah dapat menikmati internet sehat dari DNS Nawala yang gratis.

Cukup untuk tutorial kali ini ya sobat TI.NET, bagi kalian yang masih bingung dan ingin bertanya, penulis persilakan untuk menuliskan keluhannya di kolom komentar atau bisa juga kamu mengirim e-mail ke penulis langsung. Kamu juga mungkin ingin melihat artikel Block Situs dengan Mudah untuk menciptakan internet yang lebih sehat dengan cara yng berbeda. Make it’s so easy bro/sis ^_^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *