Internet Sehat untuk Anak

Bagi anda yang mempunyai anak yang memang aktif di dunia maya atau internet tentu sering merasa risau dengan apa saja yang anak anda buka di internet bukan.??? Sejalan dengan semakin maraknya kejahatan atau penipuan bahkan tindakan penyebaran konten-konten dewasa pada sebuah situs tertentu maka pengamanan atau pengawasan perlu diterapkan demi memantau serta memberikan layanan internet yang benar-benar sehat untuk anak dibawah umur.

Dalam artikel ini penulis akan memberikan beberapa tips untuk menjadikan internet sebagai media belajar yang benar-benar sehat untuk anak dibawah umur. Tanpa panjang lebar lagi silakan anda simak satu-per-satu tips dan tricks dari saya.

  1. Jika anda memang benar-benar gagap teknologi (gaptek) saya sarankan agar anda meminta kepada orang yang memang sudah faham akan skema pengamanan internet untuk mengamankan koneksi internet yang biasa digunakan oleh anak anda dirumah. Anda dapat berkonsultasi dan meminta data-data dari apa saja hal yang dilakukan anak anda dengan internet dirumah.
  2. Melakukan bloking terhadap situs tertentu akan menjadikan internet dirumah anda lebih sehat. Namun cara ini agak sedikit memerlukan ketelitian dan keuletan. Anda meski melihat histori dari setiap web browser yang anak anda gunakan kemudian anda kunjungi situs yang memang mencurigakan untuk kemudian anda block situs tersebut satu-per-satu. Untuk melakukan blocking tersebut anda perlu sebuah software khusus ataupun add-ons yang dipasang pada web browser. Informasi lebih lengkapnya dapat anda lihat di Block Situs dengan Mudah.
  3. Memasang DNS Nawala adalah langkah selanjutnya untuk menjadikan internet dirumah anda lebih sehat. DNS Nawala bekerja sebagai jembatan atau firewall antara internet dengan komputer anda. Dengan menggunakan DNS Nawala anda tidak perlu lagi satu-per-satu memasukan situs yang sangat tidak cocok untuk anak anda, karena DNS Nawala lah yang telah melakukan listting terhadap situs tersebut untuk kemudian dilakukan pemblokiran secara otomatis. NameServer DNS Nawala adalah sebagai berikut NS #1: 180.131.144.144 & NS#2: 180.131.145.145. Untuk tutorial bagaimana cara menggunakannya berikut dengan penjelasnya dapat anda temukan dalam artikel Internet Sehat dengan DNS Nawala.
  4. Iklan yang dapat merusak moral sering disisipkan dalam adbanner pada sebuah situs dan itu tentu akan membuat anda was-was bukan. Namun tenang saja, disini saya akan memberikan jalan keluar atas apa yang anda keluhkan. Memasang add-ons atau exstension untuk melakukan blockir terhadap iklan adalah hal yang tepat untuk menutup semua iklan nakal tersebut. Caranya dapat anda temukan pada artikel saya lainnya yang beralamat di http://www.teknikinformatika.net/2013/07/12/7-add-ons-optimalkan-mozilla-firefox-mu/ untuk pengguna Mozilla Firefox dan http://www.teknikinformatika.net/2013/07/12/8-extensions-optimalkan-google-chrome-mu/ untuk pengguna Google Chrome. Untuk web browser yang lain dapat anda mencari referensi yang lainnya.

Mungkin hanya itu saja yang tips dan tricks yang dapat saya sampaikan untuk setidaknya menjadikan internet anda dirumah lebih sehat untuk konsumsi anak-anak anda apalagi untuk anak dibawah umur yang memiliki tingkat imajinasi yang masih tinggi untuk dapat mencerna apa yang mereka lihat. Untuk tips dan tricks lainnya bisa anda temukan pada artikel-artikel saya yang lainnya, maka dari itu tetap buka setiap hari TeknikInformatika.NET nya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *