Cara Block Situs dengan Mudah

Hallo sobat TI.NET kali ini penulis akan membuat kamu mengetahui bagaimana caranya agar kamu dapat melakukan blocking terhadap situs-situs tertentu untuk tidak dikunjungi oleh orang lain yang menggunakan komputer kamu. Bagi kamu yang memang udah tahu caranya saya sarankan untuk beralih saja ke artikel lainnya yang ada di TI.NET ini. Penulis dalam artikel kali ini menggunakan perangkat lunak yang sangat mudah digunakan, yakni yang pertama kita akan gunakan sebuh software khusus kemudian yang kedua dengan menggunakan add-ons.

Langsung ke perangkat yang pertama, yakni block situs dengan menggunakan software. Sebenarnya software yang bisa digunakan untuk memblock situs amatlah banyak yang dapat kamu temukan diinternet. Namun disini penulis hanya akan menjelaskan satu buah software saja yang sangat simpel namun efektif.

  1. Pertama kamu download software bernama Quick Site Blocker yang dapat diunduh di http://www.softpedia.com/get/Internet/Other-Internet-Related/Quick-Site-Blocker.shtml. Dengan menggunakan software ini kamu dapat memblock semua situs yang kamu kehendaki ataupun hanya mengijinkan situs tertentu saja yang dapat dikunjungi. Tentu ini akan membuat setidaknya internet kamu lebih sehat untuk dikonsumsi oleh anak-anak dibawah umur untuk tidak membuka situs-situs yang berisi kontent-kontent dewasa.
  2. Dengan menggunakan add-ons adalah langkah selanjutnya untuk kamu dapat melakukan blocking pada beberapa situs. Add-ons ini bisa kamu pasang di Mozilla Firefox dengan mengunduhnya terlebih dahulu dialamat https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/leechblock/. Setelah kamu berhasil mengunduhnya dan memasangnya, coba kamu restart Mozilla Firefoxnya supaya add-ons yang baru saja dipasang bisa digunakan. Setelah terpasang, klik Mozilla Button kemudian pilih Add-ons atau dengan kombinasi tombol Ctrl+Shift+A. Setelah Add-ons Manager terbuka, klik tab menu Exstension, lalu klik tombol options pada exstension bernama LeechBlock. Setelah jendela LeechBlock terbuka kamu bisa memasukan satu-per-satu situs yang ingin anda block.
  3. Dengan menggunakan exstension yang dapat dipasang diperangkat Google Chrome, sama seperti add-ons dalam penggunaanya hanya saja web browser yang digunakan berbeda. Namanya adalah Personal Blocklist (by Google) yang anda dapat mengunduhnya dialamat https://chrome.google.com/webstore/detail/personal-blocklist-by-goo/nolijncfnkgaikbjbdaogikpmpbdcdef. Setalah kamu selesai mengunduh dan berhasil memasangnya diperangkat Google Chrome-mu, sekarang saatnya untuk kamu mulai memasukan satu-per-satu situs yang ingin kamu block dengan cara yang lebih sederhana cara nomor 2, yakni kamu buka situs yang ingin kamu block kemudian klik icon gambar tangan berwarna merah dibagian kanan atas, klik Block current host : [namadomain]. Lebih mudahkan.???

Mungkin hanya itu sobat TI.NET yang dapat dibagikan penulis untuk kali ini, jika kamu belum merasa puas dengan artikel yang satu ini coba deh kamu cari-cari artikel lain di TI.NET ini ^_^.

One thought on “Cara Block Situs dengan Mudah

  1. Pingback: Internet Sehat untuk Anak | Teknik Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *