Sinkronisasi Gmail ke Opera Mail

Jika pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang bagaimanan melakukan Sinkronisasi antara Gmail dengan Mozilla Thunderbird, maka pada artikel kali ini saya akan membahas tetang bagaimana melakukan Sinkronisasi antara Gmail dengan Opera Mail. Bagi anda yang masih kurang faham mengenai apa itu E-Mail Client, anda dapat membaca artikel saya yang lain yang membahas tentang E-Mail Client.

Kita langsung saja ke topik, sebelum anda melakukan sinkronisasi. Hal pertama yang meski anda lakukan adalah membuat layanan POP/IMAP pada akun Gmail aktif. Beikut adalah langkah-langkah yang meski anda ikuti untuk mengaktifkan layanan POP/IMAP pada akun Gmail anda :

  1. Buka alamat https://mail.google.com/ kemudian login dengan akun Gmail anda.
  2. Setelah masuk, klik bagian sebelah kanan atas ikon dropdown bergambar gear kemudian pilih opsi Settings.
  3. Di menu Settings ini anda akan menemukan beberapa tab pengaturan, klik tab Forwarding and POP/IMAP.
  4. Pada bagian POP Download anda pilih salah satu opsi antara Enable POP for all mail atau Enable POP for mail that arrives from now on.
  5. Kemudian untuk mengaktifkan IMAP, pada bagian IMAP Access pilih opsi Enable IMAP.
  6. Sedikit penjelasan untuk perbedaan antara POP dengan IMAP adalah terletak dari penerimaan setiap e-mail nantinya. Jika POP memungkinkan kita untuk mengunduh dan menyimpan e-mail di komputer pribadi setelah e-mail tersebut sampai ke aplikasi pengolah E-Mail Client sedangkan IMAP hanya membaca e-mail yang masuk ke aplikasi E-Mail Client tanpa disimpan dalam komputer anda.
  7. Setelah selesai klik Save Changes dibagian paling bawah.

Setelah anda berhasil mengaktifkan layanan POP/IMAP di akun Gmail anda, sekaranglah saatnya untuk melakukan Sinkronisasi Gmail ke Opera Mail.

  1. Aplikasi E-Mail Client yang anda butuhkan tentunya Opera Mail yang dapat anda unduh secara gratis di alamat http://www.opera.com/computer/mail
  2. Setelah anda berhasil mengunduhnya sekarang coba anda install, disini saya tidak akan menjelaskan tentang bagaimana menginstallnya karena hal itu sangatlah mudah dilakukan. Namun jika anda benar-benar kurang faham akan hal dalam melakukan installasi sebuah aplikasi, anda dapat melihat artikel saya yang lainnya yang membahas tentang bagaimana Memahami Skema Installasi Sebuah Software.
  3. Setelah anda berhasil menginstall Opera Mail tersebut, sekarang coba anda buka dan anda akan langsung masuk ke menu New Account Wizard. Untuk mensinkronkan anda pilih opsi E-Mail lalu klik tombol Next
    opera mail 1
  4. Pada jendela lanjutan New Account Wizard anda diminita untuk memasukan data akun anda, masukan data tersebut termasuk akun Gmail yang akan anda sinkronkan. Untuk lebih jelasnya lihat contoh gambar dibawah ini.
    opera mail 2
  5. Masih dalam jendela lanjutan New Account Wizard, kali ini anda diminta untuk memasukan data akun Gmail yang akan anda sinkronkan, serta metode layanan apa yang akan anda pasang, apakah dengan menggunakan layanan POP atau IMAP (hal ini sudah saya jelaskan dibagian atas) setelah selesai klik tombol Finish. Lihat contoh gambar dibawah ini.
    opera mail 3opera mail 3a
  6. Ketika anda berhasil login, maka jendela Security Issue akan ditampilkan. Klik Approve untuk melanjutkan.
    opera mail 4 opera mail 4a
  7. Setelah anda berhasil masuk ke Opera Mail, anda akan langsung menerima e-mail yang ada pada akun Gmail anda secara otomatis.
    opera mail 5

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada artikel Sinkronisasi antara Gmail dengan Opera Mail. Lihat pula bagaimana Sinkronisasi antara Gmail dengan Mozilla Thunderbird sebagai bahan perbanding aplikasi E-Mail Client mana yang enak digunakan menurut anda. Untuk artikel-artikel berikutnya saya akan segera memposingnya, jadi tetap buka TeknikInformatika.NET setiap hari ya ^_^

One thought on “Sinkronisasi Gmail ke Opera Mail

  1. Pingback: Sinkronisasi Gmail ke Mozilla Thunderbird | Teknik Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *