7 Add-ons Optimalkan Mozilla Firefox-mu

Add-ons merupakan software yang dapat meningkatkan kinerja pada sebuah web browser. Add-ons dapat ditambahkan untuk seriap web browser. Add-ons terbagi menjadi banyak macam, mulai dari untuk keamanan hingga kemudahan untuk akses internet. Dengan menambahkan add-ons yang sesuai dengan kebutuhan anda diharapkan akan lebih mengoptimalkan kinerja web browser anda.

Bagi anda yang masih bingung tentang bagaimana memasang sebuah add-ons, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Klik Firefox Button (pojok kiri atas)
  2. Kemudian klik tab Add-ons atau dapat juga dengan shortkey Ctrl + Shift + A
  3. Setelah Add-ons manager terbuka, anda klik tab Get Add-ons
  4. Pada masukan nama add-ons yang ingin anda install pada Mozilla Firefox di bagian opsi pencarian (pojok kanan atas)

Dan berikut beberapa add-ons yang meski anda tambahkan untuk meningkatkan kinerja web browser anda :

  1. ABR atau Ad Block Plus merupakan add-ons yang memungkinkan kita untuk melakukan sebuah blocking terhadap situs-situs yang memasang iklan. Situs dengan dipasangnya iklan, apalagi iklannya dalam bentuk banner yang besar tentu itu akan menghabiskan bandwith akses internet kita dan dapat pula menghambat kita dalam mengakses situs tersebut. Apalagi jika koneksi internet kita terbilang lambat tentu dengan adanya ABR ini akan sangat membantu. Dan lagi berhubung sekarang sedang bulan Ramadhan add-ons yang satu ini juga akan menjaga pandangan kita. Karena, tidak sedikit situs yang memasang iklan dengan gambar yang membeberkan aurat. Bisa sedikit menjaga mata kita kan 😀
    Link situs : https://adblockplus.org/en/firefox
  2. Flash Block merupakan add-ons yang mampu melakukan blocking flash script. Artinya dengan memasang add-ons yang satu ini di Mozilla Firefox anda, jika anda mengunjungi sebuah situs yang didalamnya terdapat flash script seperti YouTube maka kontent flash tersebut tidak akan langsung dapat berjalan melainkan akan dihandle dulu, anda sendiri yang menentukan nantinya apakah flash script itu akan dijalankan atau diblock. Flash script juga akan mempengaruhi koneksi internet anda terhadap sebuah situs dan lagi sekarang sudah banyak iklan yang dipasang dengan menggunakan metode flash script. Jadi saya sarankan agar anda memasang add-ons yang satu ini.
    Link situs : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/flash-block/?src=api
  3. Adblock Plus Pop-up Addon, add-ons yang satu ini memiliki kesamaan dengan ABR yakni sama-sama berguna untuk melakukan blocking. Namun juga memiliki perbedaan yang cukup jauh. Adblock Plus Pop-up Addon ini hanya dapat melakukan blocking terhadap pop-up windows. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu pop-up windows saya akan sedikit memberi penjelasan, pop-up windows merupakan sebuah link yang memungkinkan sebuah situs untuk membuka sebuah windows atau jendela baru jika ada link yang diklik dan memang dipasang script pop-up windows. Bagi para pengusaha situs yang memasang pop-up windows untuk sebuah iklan tentu itu akan sangat berguna untuk menambah penghasilan mereka karena iklan dengan pop-up windows akan lebih efisien ketimbang memasang iklan dengan banner. Namun itu tentu akan sangat merisikan para pengguna internet termasuk saya pribadi merasa risih kalo ada situs yang memasang pop-up. Maka dari itulah saya rekomendasikan anda untuk memasang add-ons yang satu ini. Karena dengan adanya Adblock Plus Pop-up Addon pada Mozilla Firefox anda, dijamin setiap pop-up windows pada setiap situs akan langsung diblock dan tidak akan dieksekusi oleh web browser anda.
    Link situs : http://jessehakanen.net/adblockpluspopupaddon/
  4. DownThemeAll adalah add-ons yang berperan aktif ketika kita melakukan sebuah pendownloadan. Bagi anda yang mengenal Internet Download Manager atau IDM, manfaat dari adanya add-ons yang satu ini tidak jauh berbeda dengan IDM yakni akan menambah pengoptimalan download anda.
    Link situs : http://www.downthemall.net/
  5. ColorZilla, bagi anda yang berprofesi sebagai seorang web designer, add-ons yang satu ini akan sedikit membantu pekerjaan anda karena fungsi dari ColorZilla ini adalah untuk mengambil kode warna pada sebuah situs. Sehingga anda tidak perlu menebak kode warna yang sesuai dengan warna yang ada pada sebuah situs.
    Link situs : http://www.colorzilla.com/
  6. Web Reputation Plugin adalah plugin yang dimiliki oleh setiap anti-virus ternama, namun terkadang kita lupa untuk mengaktifkannya yang mungkin akan berakibat fatal. Kegunaan dari adanya add-on web rep adalah akan memberikan sebuah reputasi keamanan untuk setiap situs, apakah situs itu aman untuk dikunjungi atau tidak. Add-ons yang satu ini sangat saya rekomendasikan karena mengingat banyak situs yang memang sengaja memasang sebuah worms khusus untuk menyerang komputer kita.
    Keterangan : setiap anti-virus memiliki Web Reputation Plugin masing-masing
  7. IDM Integration, add-ons yang satu ini sangat penting dipasang di Mozilla Firefox anda jika anda memilik sebuah aplikasi download manager khusus (IDM) yang mana fungsinya akan mengintegrasikan antara Firefox anda dengan IDM. Karena tidak sedikit orang yang mengeluhkan bahwa mereka telah memasang IDM di komputernya namun ketika hendak mendownload IDM mereka tidak berfungsi.
    Link situs : http://www.internetdownloadmanager.com/

Sekian dari saya, semoga artikelnya bermanfaat bagi anda pengguna Google Chrome jangan lewatkan tulisan artikel saya yang berjudul 8 Exstension Optimalkan Google Chrome. Jika ingin melihat aksi saya yang lainnya tetap pantengin TeknikInformatika.NET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *