Install Ulang Komputer

Kata insall ulang komputer sering kita dengar dimana ada orang lain yang mempunyai masalah dengan komputernya. Entah itu sama virus maupun karena memang program Operating Systemnya (OS) eror. Berbagai cara perbaikan software serta pengaturan OS dibenahi, tapi tidak kunjung membaik keadaannya, Dari situ, sering terdengar kalimat, “Ya sudah install ulang saja.”

Install Ulang sebenarnya bukan istilah baku yang mempunyai arti khusus, tapi kata tersebut memang sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia dikala ingin menuntaskan semua masalah software pada komputernya.

Dengan di Install ulang komputer kembali menjadi nol lagi, OS yang ada didalamnya menjadi baru kembali, otomatis semua software yang dulu pernak kita pasang menjadi hilang semua, kecuali data pada drive yang tidak dijadikan tempat menginstall OS yang tidak akan hilang.

Menginstall ulang OS pada komputer sangat mudah dilakukan, cukup kita punya CD Operating Systemnya saja, misalkan kita menggunakan CD Windows. Berikut ulasannya ketika kita hendak menginstall Windows pada komputer :

1. Setting First Booting Pada CD Room

Untuk bisa menginstall windows pada CD yang diletakan pada CD Room sebelum harus masuk dulu ke ‘Set Up Bios’, cara ketika kita awal menghidupkan komputer sebelum benar-benar menyala masuk ke system operasi klik tombol ‘del’ pada keyboard. Atau istilah lainnya ketika kita booting ketik del terus menerus hingga masuk ke menu ‘Set Up Bios’. Setelah itu setting untuk first bootnya (booting pertama) mengarah pada CD Room lalu ‘Save’ dan keluar dari menu Bios.

2. Mulai Proses Install OS

Setelah kita mengsetup bios, entah itu mau di restar dulu atau langsung booting ke CD itu tidak jadi masalah, Kita tinggal tekan tombol di salat satu keyboard, lalu ikuti step by step yang ditunjukan pada layar untuk mencoba menginstall OS yang terpasang pada CD Room.

3. Install Anti Virus

Setelah OS beres di install kemudian merestar sendiri biasanya ataupun tidak, kemudian masuk ke jendela OS itu sendiri. Pertama kali yang harus dilakukan adalah menginstall antivirus. Kenapa? jawabannya simple sekali, demi ke amanan dan itu WAJIB.

4. Mulai Install Software

Baru setelah menginstall anti virus kita mencoba menginstall software-software penting yang hendak kita pasang pada komputer kita.

SELESAI, dan selamat mencoba komputer dengan perform baru.

One thought on “Install Ulang Komputer

  1. Pingback: Daftar Software Penting di Windows | Teknik Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *